Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Om Swastiastu…

Namo Buddhaya…

Salam kebajikan…

Salam sejahtera bagi kita semua…

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar atau UHKBPNP resmi berdiri pada tanggal 6 Desember 2017 sesuai dengan SK Kemenristekdikti No. 715/KPT/I/2017 yang merupakan hasil pemekaran dari Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan. Visi UHKBNP yaitu “Menjadi Universitas Unggul dan Berdaya Saing di Tingkat Global yang Berbasis Teknologi Informasi (Online) Menuju Generasi Industri Berkelanjutan Berlandaskan Kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Pro Deo et Patria)”.

Di usianya yang ke- 3 pada bulan Desember mendatang, UHKBPNP terus berbenah dan berupaya keras mewujudkan visi dimaksud. Dalam pengelolaan dan pengembangannya, UHKBPNP sebagai institusi pendidikan menggunakan Sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika Universitas HKBP Nommensen yang selaras dengan era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0.

Sistem informasi secara garis besar dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan institusi atau lembaga pendidikan yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM yang dihasilkan.

Bagi mahasiswa, sistem ini dapat digunakan untuk melihat biodata, melihat nilai, KRS online, Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa, jadwal kuliah dan informasi akademik lainnya. Sedangkan bagi dosen, sistem ini dapat digunakan untuk melihat biodata, aktivitas mengajar, dosen wali, KRS, meginput data nilai, bahan kuliah, tugas kuliah serta data akademik lainnya, termasuk juga untuk pembelajaran e-learning.

Pemanfaatan teknologi informasi pada bidang layanan administrasi akademik maupun non akademik di UHKBPNP sudah menjadi suatu kebutuhan, bukan hanya sekedar prestise atau lifestyle manajemen pendidikan tinggi modern.

Salah satu indikator pencapaian visi berbasis teknologi informasi (Online), Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar mempersembahkan kepada seluruh sivitas akademika Sistem Informasi berbasis Teknologi Informasi (Online) yang terintegrasi dengan seluruh aplikasi yang ada di internal Universitas maupun dengan Eksternal khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Semoga kehadiran aplikasi ini bermanfaat bagi kita semua dan bisa menumbuhkan semangat untuk terus berkarya dan berinovasi dalam rangka melaksanakan Tri Dharma pendidikan tinggi. Tak lupa, saya menyampaikan terimakasih kepada Tim Kerja dan seluruh sivitas akademika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang telah berupaya dalam menciptakan aplikasi sistem informasi berbasis teknologi informasi (online). Semoga kebermanfaatan sistem informasi ini tepat sasaran dan dapat membantu segala aktivitas akademik di lingkungan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Pematangsiantar,        Juli 2020

Rektor,

Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum.