Pendidikan Matematika

Visi :

Menjadi Program Studi Pendidikan Matematika yang unggul dan berdaya saing berbasis teknologi dalam melaksanakan Tri Dharma Pergururan Tinggi berlandaskan Kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Pro Deo et Patria) Tahun 2022 di tingkat regional.

Misi :

Sesuai dengan visinya Program Studi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis teknologi yang unggul dan berdaya saing di tingkat regional.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengkajian tentang masalah pendidikan matematika melalui diskusi, seminar, lokakarya dan workshop dalam peningkatan profesi dan ilmu pengetahuan.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan matematika berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu pertiwi (Prodeo Et Patria).
  4. Melaksanakan pelatihan/penataran guru-guru tentang pembuatan media pembelajaran matematika.
  5. Menjalin, dan membina kerjasama dengan stakeholders, dan Perguruan Tinggi lain dalam kegiatan pengkajian tentang masalah pendidikan matematika sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi.

Tujuan :

Berdasarkan misi di atas, tujuan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing di bidang pendidikan matematika tingkat regional.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian dan pengkajian tentang masalah pendidikan matematika dalam peningkatan profesi dan ilmu pengetahuan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan matematika berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu pertiwi (Prodeo Et Patria).
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalin dan membina kerjasama dengan stakeholders dalam kegiatan pengkajian tentang masalah pendidikan matematika.
  5. Menghasilkan lulusan dalam pemanfaatan dan pengoptimalan teknologi informasi online dan komunikasi dalam semua kegiatan tridharma perguruan tinggi di tingkat regional.

Strategi Program Studi Pendidikan Matematika

Strategi dari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar adalah:

  1. Meningkatkan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru sehingga akan diperoleh mahasiswa yang lebih berkualitas.
  2. Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi seluruh kegiatan tri dharma PT dan kerjasama dengan baik dan bertanggungjawab.
  3. Menentukan dan meningkatkan proses seleksi pemilihan pejabat structural di program studi pendidikan matematika.
  4. Menyiapkan dan mengawasi pelaksanaan penerapan buku panduan Akademik, Pedoman Penulisan dan pembimbingan Skripsi, Dokumen/Desain Kurikulum, Implementasi Kurikulum, dan Evaluasi Kurikulum. Desain Kurikulum berisikan : Struktur kurikulum, Silabus, RPS dan SAP, bahan ajar/modul/materi pembelajaran, dan media/alat pembelajaran sesuai standar kompetensi lulusan.
  5. Membentuk Tim Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran secara periodik yang diberi tugas untuk : a) Mengevaluasi kurikulum sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan pasar; b) Melakukan pengamatan, pengkajian dan perbaikan kurikulum secara terus menerus demi terciptanya proses pembelajaran yang kondusif; c) Melakukan sosialisasi kurikulum tersebut kepada stakeholder, dan d) Menampung masukan dari stakeholder demi pernbaikan mutu lulusan program studi.
  6. Ketua Program Studi pendidikan matematika mengundang para dosen pada setiap awal semester untuk membicarakan pembagian tugas dan jadwal mengajar, dan pencapaian target tridarma PT.
  7. Ketua Program studi pendidikan matematika mengawasi pelaksanaan tatap muka dosen dengan mahasiswa sesuai dengan jam perkuliahan dan jadwal perkuliahan per semester (16 kali tatap muka di kelas per semester, termsuk UTS dan UAS), memeriksa Berita Acara Perkuliahan untuk mengetahui kesesuaian antara dokumen Silabus, RPS dan SAP dengan kegiatan yang dilakukan oleh para dosen, dan memantau kehadiran dosen dan mahasiswa, dan melakukan rekapitulasi kehadiran dosen dan mahasiswa per semester.
  8. Ketua Program Studi pendidikan matematika menyiapkan panduan pembelajaran dan penilaian hasil belajar untuk kegiatan perkuliahan (teori dan praktik di laboratorium) serta panduan praktik kerja lapangan dan penulisan tugas akhir (skripsi)
  9. Ketua program dan para dosen serta pengawai yang ditugaskan harus aktif memantau dan mengawasi proses pelaksanaan UTS dan UAS sesuai dengan jadwal.
  10. Ketua Program Studi menentukan dosen wali, dosen pembimbing tugas akhir atau skripsi mahasiswa, mengawasi proses pembimbingnya sampai pada penyelenggaraan ujian meja hijau.
  11. Melaksanakan kegiatan penelitian, pegabdian masyarakat, pelatihan, dan pertemuan ilmiah (lokakarya, seminar, dan lain lain)
  12. Melaksanakan rapat evaluasi setiap akhir semester untuk membahas keberhasilan pencapaian target mutu tridarma PT dan kerjasama PS.
  13. Meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan : seminar, lokakarya, dan penelitian serta studi lanjut bagi dosen, baik secara local, nasional, maupun internasional.
  14. Membuat system penyelenggaran pendidikan berbasis teknologi informasi.
  15. Melakukan kegiatan kerohanian secara rutin dalam rangka pembentukan sumber daya manusia yang unggul, bermoral, berkepribadian dan berkarakter kristiani yang menunjang tinggi kebenaran, kejujuran, dan keadilan.
  16. Mendayagunakan seluruh sumber daya yang dimiliki dengan cara yang paling baik, paling hemat, dan paling bertanggungjawab untuk meningkatkan kualitas para lulusan.