Pendidikan Biologi

Visi :

Menjadi Program Studi unggul dan berdaya saing di bidang Pendidikan Biologi berbasis teknologi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan Kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Pro Deo et Patria) Tahun 2022 di tingkat regional.

Misi :

Sesuai dengan visinya, program studi S1 Pendidikan Biologi mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, berkarakter, dan berdaya saing di tingkat regional.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dan kreatif melalui seminar, lokakarya, workshop.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan hasil penelitian Pendidikan Biologi.
  4. Melaksanakan pelatihan tentang pembuatan media pembelajaran biologi.
  5. Menjalin kerjasama dengan stakeholder baik lokal, nasional, serta internasional.

Tujuan :

Berdasarkan misi di atas, tujuan dari program studi S1 Pendidikan Biologi adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan pendidikan biologi yang unggul dan mampu bersaing secara global, juga berbudi pekerti luhur sesuai motto Pro Deo et Patria.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian yang inovatif dan kreatif.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu pertiwi (Prodeo Et Patria).
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu dalam pemanfaatan teknologi informasi online dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalin kerjasama dengan stakeholder di bidang pendidikan biologi.

Strategi :

Berdasarkan tujuan di atas, Strategi dari program studi S1 Pendidikan Biologi adalah:

Program Tahun Pelaksanaan  
2018 2019 2020 2021 2022
Meningkatkan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru supaya diperoleh mahasiswa yang lebih berkualitas.
Melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Mempersiapkan Buku Panduan Akademik Program Studi, Pedoman Penulisan dan Pembimbingan Skripsi, Dokumen/ Desain Kurikulum, Implementasi Kurikulum, dan Evaluasi Kurikulum.

Desain Kurikulum berisikan : struktur kurikulum, Silabus, SAP, bahan ajar/modul/materi pembelajaran, dan media/alat pembelajaran sesuai standar kompetensi lulusan.

Memonitor pelaksanakan perkuliahan sesuai dengan jam perkuliahan dan jadwal perkuliahan per semester (16 kali tatap muka di kelas per semester, termasuk UTS dan UAS), memeriksa Berita Acara Perkuliahan untuk mengetahui kesesuaian antara dokumen Silabus dan SAP dengan kegiatan yang dilakukan oleh para dosen, memantau kehadiran dosen dan mahasiswa, dan melakukan rekapitulasi kehadiran dosen dan mahasiswa setiap semester.
Memantau dan memonitor proses pelaksanaan UTS dan UAS sesuai dengan jadwal.
Menentukan dosen pembimbing tugas akhir atau skripsi mahasiswa.    
Memonitor proses pembimbingan skripsi sampai pada penyelenggaraan ujian meja hijau.    
Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
Melaksanakan rapat evaluasi setiap akhir semester
Meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan : studi lanjut S-3 bagi dosen, seminar, lokakarya, short-course, baik secara lokal, nasional, maupun internasional.
Pengembangan sistem penyelenggaraan pendidikan berbasis teknologi
Melakukan kegiatan kerohanian secara rutin dalam rangka pembentukan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, bermoral, berkepribadian dan berkarakter yang  menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran, dan keadilan.
Mendayagunakan seluruh sumber daya yang dimiliki dengan cara yang paling baik, paling hemat, dan paling bertanggungjawab untuk meningkatkan kualitas para lulusan.