Pendidikan Bahasa Jerman

Visi :

Terwujudnya Program Studi  Bahasa Jerman yang unggul dan berdaya saing berbasis teknologi informatika tingkat regional dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi berlandaskan kasih bagi Tuhan dan Ibu Pertiwi (Pro Deo et Patria) pada tahun 2022.

Misi :

1.      Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran yang efektif, inovatif dan kreatif.

2.      Melaksanakan kegiatan penelitian, dan pengkajian tentang masalah pendidikan dan proses pembelajaran bahasa Jerman melalui diskusi, seminar, lokakarya dan workshop dalam peningkatan profesi dan ilmu pengetahuan.

3.      Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Jerman, melalui pelatihan dan penataran guru-guru.

4.  Melaksanakan kegiatan pedidikan dan pembelajaran serta pelatihan kemampuan berbahasa Jerman di bidang Kepariwisataan dan Perhotelan melalui studi lapangan.

5. Menjalin kerjasama dalam peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat baik dengan instansi-instansi swasta maupun pemerintah baik dalam dan luar negeri.

Tujuan :

1.   Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan pendidikan bahasa Jerman yang bermutu, berkarakter, berjiwa entrepreneurship, mampu bersaing, serta mampu beradaptasi pada perubahan dan perkembangan ilmu dan teknologi.

2.   Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian untuk melakukan inovasi pembelajaran dalam pengembangan pendidikan bahasa Jerman.

3.   Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan pendidikan bahasa Jerman.

4.   Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan kemampuan tambahan di bidang Kepariwisataan (Biro Perjalanan dan Perhotelan) dan mampu bekerja di bidang sosial di Jerman.

5. Mengembangkan kerjasama baik dalam dan luar negeri maupun Biro Perjalanan dan Perhotelan dalam upaya peningkatan kemampuan tambahan para lulusan serta upaya peningkatan citra program Studi Pendidikan Bahasa Jerman.

Strategi

Difokuskan pada pencapaian target pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan kerjasama yang dituangkan dalam Rencana Strategi (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop).  Apa yang menjadi strategi pada keempat bidang tersebut dan bagaimana strategi pencapaiannya diuraikan sebagai berikut :

Strategi di Bidang Pendidikan

Strategi program studi di bidang pendidikan lebih difokuskan untuk membangun suasana akademik yang kondusif dengan melakukan pengawasan penyelenggaraan sistem pendidikan  untuk mencapai standar mutu pendidikan.

Program studi Pendidikan Bahasa Jerman mengupayakan kegiatan pendidikan untuk mencapai target mutu pendidikan sesuai standar mutu pendidikan program studi, antara lain:

Strategi mutu pendidikan di tingkat program studi adalah :

·      Kehadiran dosen pada tatap muka di kelas 100%. Jika dosen berhalangan memberikan perkuliahan sesuai jadwal yang ditetapkan, akan diganti pada hari yang telah disepakati dengan mahasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dilaporkan kepada Bagian Monitoring perkuliahan.

·      Kehadiran mahasiswa di ruang kuliah atau laboratorium minimal 75% dari 16 kali tatap muka (termasuk UTS dan UAS).

·      Dosen menyelesaikan seluruh program pembelajaran sesuai dengan RPS dan SAP.

·      Mahasiswa lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif  3,0 sebesar 90%.

·      Mahasiswa lulus tepat waktu dengan masa studi antara 4,0 – 4,5 tahun sebesar 90 %.

·      Rata-rata waktu tunggu alumni untuk mendapatkan pekerjaan antara 3 sampai 6 bulan. Pencapaian ini dilakukan dengan membangun network dengan institusi swasta dan pemerintah serta organisasi profesional dengan bantuan para alumni.

·      Terserapnya lulusan di berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta juga di instansi dalam dan luar negri.

Mampu menciptakan usaha baik untuk diri sendiri maupun orang laing

·      Memfasilitasi mahasiswa  untuk mengikuti Ujian TOEFL ITP di UHN.

·      Memfasilitasi  mahasiswa untuk mengikuti Ujian B-1 GER yang dilaksanakan oleh Goethe Institut

 

   Strategi di Bidang Penelitian

Strategi di bidang penelitian lebih difokuskan untuk membangun komunitas peneliti sebagai inti dari komunitas akademik di lingkungan civitas akademika program studi Pendidikan Bahasa Jerman dengan melakukan pengawasan dan penyediaan dana serta fasilitas untuk pelaksanaan kegiatan penelitian dosen, dan penelitian dosen dan mahasiswa untuk mencapai standar mutu penelitian yang ditetapkan program studi. Strategi bidang penelitian adalah :

·   Menghasilkan 3 (tiga) penelitian dosen atau penelitian bersama (dosen dan mahasiswa) yang dibiayai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) per tahun.

·   Menghasilkan minimal 1 (satu ) penelitian bersama dosen di program studi pendidikan bahasa Jerman  yang dibiayai oleh LPPM.

·   Menghasilkan 2 (dua) penelitian dosen atau penelitian bersama (dosen dan mahasiswa) dengan biaya sendiri.

 

Strategi di Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

Strategi di bidang pengabdian pada masyarakat adalah:

·   Menghasilkan minimal 3 (tiga) pengabdian dosen yang dibiayai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UHN per tahun.

Menghasilkan minimal 2 (dua) pengabdian dosen dan/atau pengabdian dosen dan mahasiswa yang dibiayai oleh lembaga lain per tahun

Strategi di Bidang Kerjasama

Strategi di bidang kerjasama lebih dititikberatkan untuk mencari, membangun dan memelihara network dengan pengguna lulusan, beasiswa untuk dosen/mahasiswa, pengembangan sarana dan prasarana, peningkatan kualifikasi dosen/tenaga kependidikan dengan instansi pemerintah maupun swasta. Strategi bidang kerjasama ini adalah:

·      menghasilkan 2 (dua) kerjasama dengan lembaga/perusahaan lain per tahun yang dinyatakan dalam bentuk MoU;

·      menghasilkan 4 (empat) kerjasama dengan lembaga/perusahaan lain per tahun yang dinyatakan dalam bentuk Surat Keterangan.

Deskripsi

Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman adalah salah satu program studi dari delapan program studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

(FKIP)   Universitas   HKBP   Nommensen.   Program  Studi ini menyelenggarakan pendidikan bahasa Jerman dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan bahasa Jerman yang bermutu, berkarakter, berjiwa enterpreunership, mampu bersaing serta mampu beradaptasi pada perubahan dan perkembangan ilmu dan teknologi. Selain itu lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman juga dibekali keterampilan di bidang kepariwisataan, perhotelan, dan mampu bekerja di bidang sosial di Jerman. Lulusan Program Studi bahasa Jerman juga mampu berwirausaha serta menjadi pengelola di bidang kependidikan.