Pendidikan Bahasa Indonesia

Visi :

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahas Indonesia unggul dan berdaya saing Tingkat regional berbasis teknologi informasi dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi tahun 2022 berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Pro Deo et Patria)

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaranberbasis KKNI untuk menghasilkan lulusan unggul dan berdaya saing.
  2. Menyelenggarakan penelitian berbasis pengembangan program studidan penelitian program pemerintah dalam pengembangan sektor pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat(PkM) utk meningkatkan iptek masyarakat melalui teknologi informatika.
  4. Menjalin hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta utkpengembangan prodi secara internal maupun eksternal.
  5. Menyelenggarakan pembelajaran budaya melalui kearifan lokal maupun nasional, berbudi pekerti luhur, dan berjiwa enterpreunership.

Tujuan Prodi:

  1. Terdapat lulusanunggul dan berdaya saingmelalui pembelajaran berbasis KKNI.
  2. Terdapat berbagai hasil penelitian dosen dan mahasiswa utk pengembangan prodiserta mendukung program pemerintah mengembangkan sektor pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
  3. Terdapat berbagai hasil pengabdian kepada masyarakat (PkM) dosen dan mahasiswa utk meningkatkan iptek masyarakat melalui teknologi informatika.
  4. Terdapat produk hubungan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta utk pengembangan prodi secara internal maupun eksternal.
  5. Terdapat masyarakat kampus yang menghargai budaya lokal maupun nasional, berbudi pekerti luhur, dan berjiwa enterpreunership.

Tujuan

  1. Menghasilkan guru-guru bahasa Indonesia yang memiliki disiplin kerja, ilmu pengetahuan, dan pelayanan pendidikan bermutu .
  2. Menghasilkan guru-guru yang mampu melakukan kegiatan penelitian yang mengembangkan pendidikan dan pembelajaran, peningkatan profesi dan ilmu pengetahuan di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia
  3. Menghasilkan guru-guru yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif pada pendidikan, lingkungan alam dan atau kehidupan masyarakat umum.
  4. Mampu melakukan kerjasama dengan lembaga lain dalam bidang pengajaran, khususnya bidang kebahasaan.

Strategi:

  1. Capaian visi, misi, tujuan dan sasaran dengan memperkuat tim kerja program studi
  2. Memperkuat tata pamong, tata kelola dan kerjasama program studi
  3. Pengembangan mahasiswa unggul dan berdaya saing
  4. Pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing
  5. Pengembangan keuangan, sarana dan prasarana
  6. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, Unggul, Inovatif
  7. Pengembangan penelitian, inovatif dan berdaya saing nasional dan internasional
  8. Pengembangan pengabdian kepada masyarakat regional, nasional, dan internasional.