Olimpiade Matematika Sukses, Piala Rektor UHKBNP Diraih SMA Negeri 2 Balige

Olimpiade Matematika Sukses, Piala Rektor UHKBNP Diraih SMA Negeri 2 Balige

SISFO UHKBPNP|Sebanyak 142 siswa SMA dari 5 daerah di Provinsi Sumatera Utara mengikuti Olimpiade Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP). Siswa SMA Negeri 2 Balige menjuarai perlombaan itu.

Ketua Panitia Yoel Purba MPd mengatakan peserta olimpiade matematika diikuti 35 sekolah SMA yang berasal dari kabupaten Simalungun, Tobasa, Humbahas, Samosir, Serdang Bedagai dan kota Pematangsiantar. “Peserta dari 4 kabupaten dan 1 kota , jumlah peserta 142 orang,” kata Yoel, Senin,17 Februari 2020.

Test Olimpiade Matematika itu sendiri dilgelar, Sabtu 15 Februari pada pukul 09.30 dan berakhir pukul 12.00 WIB. Lembar jawaban komputer diperiksa dengan menggunakan mesin scanner. Selanjutnya pada pukul 15.30, panitia mengumumkan pemenang juara 1 sampai juara 10. “Piala bergilir rektor diraih SMA Negeri 2 Balige,”ujar dia.

Dijelaskan Yoel, olimipade matematika akan dilaksanakan tahun depan dengan agenda serupa. Kekurangan panitia maupun peserta dijadikan evaluasi untuk mengoptimalkan kegiatan ilmiah itu ke depan.

Sementara, Ketua LPPMB Dr. Hotman Simbolon MS dalam sambutanya mengajak para peserta memacu semangat untuk terus bersaing dalam meraih prestasi yang didasarkan pada karakter yang unggul dan berdaya saing. Dengan memahami dan menguasai Matematika, generasi muda atau kaum millenial sambung Hotman akan mampu bersaing di dunia kerja yang sangat kompetitif di era disrupsi.

Olimpiade matematika tingkat provinsi Sumatera Utara itu dihadiri Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan Tobasa Alfred Silalahi. Dari sekolah wilayah binaannya, Alfred mengutus 91 siswa. Dinas Pendidikan Provinsi imbuh dia berkepentingan mengetahui bagaimana kemampuan siswa Tobasa dan sekitarnya menjawab soal olimpiade matematika yang diselenggarakan UHKBPNP. “Adik-adik, anak-anak kami peserta olilmpiade matematika, apa pun yang kalian lakukan dengan hati, akan memperoleh hasil yang baik. Selamat mengikuti test,” kata Alfred.

Rektor UHKBPNP Prof.Dr.Saanggam Siahaan M.Hum saat didapuk menyampaikan sambutannya mengharapkan peserta test olimpiade matematika mempunyai karakter unggul dan berdaya saing.

Menurut Sanggam, UHKBPNP saat ini tengah mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Itu ditandai dengan kehadiran kaum milenial dari beberapa daerah di Indonesia yang berjumlah ribuan orang.

Publik menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap UHKBPNP untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang ungggul dan berdaya saing. Trusting (kepercayaan) itu dijadikannya untuk terus berkreasi dan berinovasi memenuhi kebutuhan industri 4.0.

Selanjutnya, Rektor Sanggam Siahaan bercerita plus minus yang berkaitan dengan unggul dan berdaya saing. Plus itu dianalogikan dengan unggul, dan Minus digambarkan dengan kekurangan atau kesalahan. “Saudara-saudara, adik-adik siswa yang kami sayangi, dalam matematika kita mengenal plus dan minus. Izinkan saya bertanya; Mengapa plus dikali plus hasilnya plus? Mengapa Minus dikali Plus atau sebaliknya Plus dikali Minus hasilnya Minus? dan mengapa Minus dikali minus hasilnya plus? Dari situ, kita bisa mengambil hikmahya, Plus = Benar dan Minus = Salah,” tukas Sanggam disambut aplaus dari peserta dan undangan.

Selain Rektor, hadir Wakil Rektor I Prof.Dr.Selviana Napitupulu M.Hum, Dekan FKIP Dr. Jumaria Sirait MPd, Dekan FMIPA Christa Voni Sinaga MPd.

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *