Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Simalungun, Bupati JR Saragih Apresiasi UHKBPNP

Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Simalungun, Bupati JR Saragih Apresiasi UHKBPNP

SISFO|Ratusan mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di enam kecamatan kabupaten Simalungun. Kegiatan selama satu pekan itu diapresisasi masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat diawali pada Senin 10 Februari 2020. Jumlah mahasiswa yang diberangkatkan sebanyak 400 orang yang dibagi dalam 36 kelompok. Mereka ditempatkan di 35 desa, setiap kelompok didampingi 2 dosen. “Di desa, mereka gotong royong membersihkan parit dan halaman, menanam pohon dan padi, mengajar, diskusi kampung serta mengamati kehidupan masyarakat,” ujar Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UHKBPNP, Osco Sijabat MPd, Kamis 20 Februari 2020.

Pengabdian dosen dan mahasiswa merupakan program rutin semesteran yang wajib dilakukan civitas akademika saat masa libur perkuliahan. “Program pengabdian ini bentuk tanggungjawab sosial universitas hadir di tengah masyarakat,” imbuh Osco.

Menurut Osco, selama pengabdian berlangsung, masyarakat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pihaknya. Bahkan, waktu masa pengadian diminta ditambah. “Masyarakat sangat mendukung dan minta waktunya diperpanjang. Tapi, karena jadwal sudah terprogram, kita sampaikan akan datang kembali,” terangnya.

Sebelumnya pada Senin 10 Februari 2020, acara pemberangkatan tim pengabdian masyarakat dilaksanakan di kampus yang beralamat di Jalan Asahan, Kelurahan Siopat Suhu Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar. Acara diawali dengan ibadah singkat yang dibawakan oleh Pdt. Restua Hutahaean.

Sekretaris Daerah (Sekda) pemkab Simalungun Mixnon Simamora mewakili Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih dalam sambutannya mengajak para mahasiswa untuk berbaur dengan masyarakat, mendengarkan keluhan dan membantu kebersihan desa.

Mahasiswa universitas HKBP Nommensen kata dia dikenal publik dan perduli dengan kehidupan masyarakat. Melalui kegiatan pengabdian, Mixnon pun berharap, mahasiswa dan dosen menjaga nama baik kampus UHKBPNP. “Mewakili bupati Simalungun Bapak JR Saragih, kami memberangkatkan adik-adik mahasiswa. Jaga kekompakan, jayalah UHKBPNP,” pungkas Mixnon.

(*)

 

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *