Identitas UHKBPNP

  1. Nama Universitas.
    Universitas ini bernama Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang disingkat dengan UHKBPNP.
  1. Dasar Pendirian Universitas.
    Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar didirikan berdasarkan Firman Tuhan sebagaimana tertulis dalam Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
  1. Visi, Misi, dan Tujuan UHKBPNP dituangkan pada RIP dan Renstra UHKBPNP.
  2. Motto Universitas.
    Motto Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar adalah Pro Deo Et Patria (untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi)
  1. Kedudukan Universitas.
    Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar berkedudukan di kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.
  1. Pemilik Universitas.
    Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar adalah milik Huria Kristen Batak Protestan yang didirikan oleh Huria Kristen Batak Protestan pada tanggal 6 Desember 2017.
  1. Hari Jadi Universitas.
    Hari Jadi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar adalah hari jadi pada saat universitas didirikan tanggal 6 Desember 2017.
  1. Pengelola Universitas.
    Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dikelola oleh Yayasan Universitas HKBP Nommensen yang didirikan pada tanggal 23 Agustus 1956 dengan Akte Nomor 13 dari Notaris Renatus Lumbanraja di Pematangsiantar.
  1. Asas Universitas.
    Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  1. Lambang Universitas.
    Lambang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar mempunyai lambang yang terdiri dari Salib Kristus diatas Alkitab didalam Bola Dunia, Pro Deo et Patria ditulis di sebelah atas, Padi dan Kapas pada tatanan sebelah kiri, Mahkota Duri dari tatanan sebelah kanan dan huruf N yang dililiti pita bertuliskan Universitas HKBP Nommensen di bagian bawah. Warna dasar adalah biru langit, Padi Salib, pinggir dan tulisan pada Alkitab berwarna kuning emas, Kapas dan Alkitab berwarna putih dan Mahkota Duri berwarna coklat tua, PS menunjukkan Pematang Siantar.

LAMBANG

(Gambar Lambang Universitas)

Makna yang terkandung dalam lambang tersebut adalah:

  • Pro Deo Et Patria berarti untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi;
  • Salib Kristus dan Alkitab beserta tulisan di dalamnya berarti kekristenan;
  • Bola Dunia berarti Keadilan Sosial;
  • Padi dan Kapas berarti Keadilan Sosial;
  • Mahkota Duri berarti pengorbnaan Tuhan Yesus Kristus untuk menebus dosa manusia;
  • Huruf N berarti Nommensen;
  • Lilitan Pita berarti pelayanan tanpa pamrih;
  • Warna Dasar Biru berarti cakrawala pendidikan.
  • PS berarti Pematangsiantar

 

  1. Bendera Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran 160 x 240 cm, ditengah-tengah diletakkan lambang, di pinggir dibuat rambu-rambu berwarna kuning emas, dibagian atas lambang ditulis Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dengan warna dasar biru langit.
  2. Bendera Fakultas berbentuk persegi panjang dengan ukuran 140 x 120 cm, di tengah-tengah diletakkan lambang, di pinggir dibuat rambu-rambu berwarna kuning emas, di bagian atas lambang ditulis nama Fakultas, dengan warna dasar ditentukan sebagai berikut:
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, warna dasar hijau;
  4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, warna merah;
  5. Fakultas Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Perairan, warna biru;
  6. Fakultas-fakultas lain atau pendidikan profesi atau vokasi akan ditentukan warna tersendiri.
  7. Busana Akademik.
    Busana akademik adalah busana toga yang dipakai pada saat kegiatan-kegiatan tertentu, seperti: wisuda, dies natalis, pengangkatan Guru Besar, upacara-upacara kebesaran lainnya dan kegiatan lain yang ditentukan oleh pimpinan universitas. Busana Akademik terdiri dari Toga, Jumbai, Selempang, Topi Persegi lima.
    Toga warna hitam dengan bis warna hitam dan pada lengan dililitkan kain berwarna sesuai dengan warna bendera Fakultas, masing-masing selebar 2 cm yang mana untuk jenjang pendidikan S2 terdiri dari dua lilitan, dan S3 terdiri dari tiga lilitan. Toga untuk Rektor menggunakan bis warna kuning, sedangkan bagi Guru Besar menggunakan toga dengan bis warna merah hati.
  1. Busana Mahasiswa.
    Busana Mahasiswa adalah busana yang dipakai pada saat kegiatan-kegiatan tertentu yang dipakai bila perlu, yaitu berbentuk jacket dengan warna biru langit dan pada kantong jacket sebelah kiri dijahit bendera masing-masing Fakultas.
  1. Mars Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar adalah Mars Universitas HKBP Nommensen Ciptaan Pendeta A. Panggabean MTh.