Hari Kedua PKKMB, Vita Soemarno: Membangun Karakter untuk Mencapai Tujuan Mulia

Hari Kedua PKKMB,  Vita Soemarno: Membangun Karakter untuk Mencapai Tujuan Mulia

Karakter perlu dengan sengaja dibangun, dibentuk, ditempa dan dikembangkan serta dimantapkan. Karakter, itulah yang akan melandasi sikap dan perilaku kita yang dapat menghasilkan tampilnya perilaku seperti budi pekerti ataupun akhlak maupun penampilan bermoral yang memiliki daya juang untuk mencapai suatu tujuan yang mulia.

Demikian disampaikan Vita Soemarno pada hari kedua pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus kepada Mahasiswa Baru (PKKMB) UHKBPNP di Aula UHKBPNP Jl. Sangnaualuh No. 4 Kelurahan Siopat Suhu Siantar Timur, Kamis, 5 September 2019.

Vita Soermarno dari Yayasan Jati Diri Bangsa sengaja diundang panitia untuk memberi motivasi dan pelatihan pembangunan karakter kepada mahasiswa baru UHKBPNP T.A. 2019/2020. Bahwa di era Revolusi Industri 4.0 sekarang dibutuhkan mahasiswa yang berkarakter untuk memberi sumbangsih kepada bangsa dan negara.

“Bangsa yang maju dan jaya tidak semata-mata disebabkan oleh kompetensi, teknologi canggih ataupun kekayaan alamnya, tetapi utama dan terutama karena dorongan semangat dan karakter bangsanya”, jelas Vita.

“Seorang yang berkarakter tidak cukup hanya sebagai seorang yang baik semata-mata, tetapi orang berkarakter adalah orang yang baik, dan sekaligus mampu menggunakan nilai baik tersebut melalui suatu daya juang mencapai tujuan mulia yang dicanangkan”, ucap Vita.

Karakter itu perlu dibangun sejak usia dini dan merupakan proses yang tiada henti yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, masyarakat, kehidupan berbangsa dan bernegara, kehidupan global serta pengajaran agama.

Selama sesi terlihat mahasiswa sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan. Ditunjukkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mahasiswa kepada Vita Soemarno untuk mengetahui bagaimana menjadi mahasiswa yang berkarakter.

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *