UHKBPNP Gelar Webinar Bertajuk Pembinaan dan Pengembangan Karakter SDM

UHKBPNP|– Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar atau UHKBPNP menggelar seminar online (webinar), Senin 27 Juli 2020. Peserta seminar, dosen dan tenaga kependidikan UHKBPNP.

Ketua Panitia Ronald Hasibuan,M.Pd  dalam laporannya mengatakan, seminar online itu bertemakan “Pembinaan dan Pengembangan Karakter  Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Menuju Universitas Yang Unggul dan Berdaya Saing di Tingkat Global Yang Berbasis Teknologi  Informasi (On-Line) Menuju Generasi Berkelanjutan Berlandaskan Kasih Untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Prode et Patria).”

Kegiatan yang diikuti 140 orang itu dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 16.30 WIB yang dibagi dalam dua sesi. “Kami laporkan juga kepada Bapak Rektor bahwa seminar ini berlangsung melalui zoom,” ujar Ronald.

Narasumber webinar itu adalah Rektor UHKBPNP Prof.Dr.Sanggam Siahaan, Wakil Rektor I Prof.Dr. Selviana Naiputupulu M.Hum, Wakil Rektor II Drs. Suprapto Manurung,MS dan Wakil Rektor III David Berthony Manalu,MPd

Rektor Sanggam Siahaan dalam pemaparannya mengusung topik milestone arah pengembangan universitas yang dibagi dalam empat tahapan yaitu penguatan kelembagaan dan pemantaban daya saing tingkat provinsi (2018-2023), pencapaian daya saing tingkat nasional (2023-2028),pencapaian daya saing tingkat Asean (2028-2033), pencapaian daya saing tingkat Asia (2033-2038).

Untuk mencapai tahapan tersebut sambung Rektor, SDM yang diharapkan memikili kredibilitas, transparansi, akuntabilitas,tanggungjawab dan berkeadilan.

Selanjutnya Prof Selviana Napitupulu menjelaskan karakter seorang dosen. Karakter yang dimaksud, dosen memiliki komitmen, kompetensi, kerja keras, konsisten, sederhana, berinteraksi, integritas dan menjadi teladan bagi mahasiswa.  “Semua kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan berkarakter,” terangnya.

Melaksanakan kegiatan pendidikan berkarakter dikatakannya  diperlukan pembiasaan kehidupan keseharian di kampus yang menjadi budaya kampus yang merupakan pengejawantahan dari nilai-nilai luhur total dalam budaya akademik. Sosialisasi budaya akademik tetap terus dilakukan agar sivitas akademika tetap fokus untuk mengembangkannya. “Bapak-Ibu, dosen UHKBPNP harus berkarakter,” tegas Prof Selviana.

Sedangkan Wakil Rektor II Suprapto Manurung menyinggung karakter sumber daya manusia. Menurutnya, UHKBPNP sebagai kampus milik gereja harus meneladani karakter Yesus Kristus yakni penuh kasih, rela berkorban dan hidup kudus. Selain pengikut karakter Yesus, SDM yang ada juga harus mencintai kampus dan taat terhadap semua aturan baik itu statute yayasan dan pemerintah. Bagaimana karakter SDM UHKBPNP dalam menghasilkan lulusan yang ungguil dan berdaya saing disampaikan oleh Wakil Rektor III David Berthony Manalu.

Mengawali pemaparannya, David mengutip pendapat  Thomas Lickona (1991) yang menyebut “Good character consists of knowing the good, desiring the good, and doing the good”. (Karakter tidak cukup hanya dipelajari tapi harus menjadi kebiasaan manusia itu sendiri). Nah, agar menjadi teladan bagi mahasiswa dan unggul dan berdaya saing, seorang dosen kata dia harus professional, kreatif dan inovatif, kolaboratif  dan ramah atau bersahabat.

“Tak cukup hanya profesional, tapi harus kreatif dan inovatif.  Mampu menghasilkan, menerapkan, dan beradaptasi dengan sebuah perubahan. Dan tidak jadi plagiat. Kemudian, mampu bekerjasama dan melayani,” pungkasnya. 

Kegiatan itu sendiri diawali dan diakhiri dengan ibadah yang dibawakan oleh Pdt Sunggul Pasaribu,M.PAK